Pertahanan yang Solid, Modal Belanda Juara Piala Dunia 2022

Pemain sayap Ekuador, Gonzalo Plata menjaga penguasaan bola dari kejaran bek tengah Belanda, Nathan Ake pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Themba Hadebe

Tusbolin.com – Belanda tidak perlu jadi tim yang sempurna untuk bisa menjadi juara Piala Dunia 2022Jimmy Floyd Hasselbaink menyebutkan, Belanda hanya perlu pertahanan yang kokoh untuk bisa melakukan itu.

Oranje datang ke Piala Dunia 2022 sebagai pembalasan kegagalan partisipasi di edisi 2018. Oranje datang dengan skuad yang sebagian besar baru dibandingkan skuad yang bermain di 2014 lalu.

Di antara kebaharuan yang ada di tubuh Der Oranje saat ini, hal paling mencolok adalah pertahanannya. Lini belakang Belanda dihuni para pemain belakang kelas dunia.

Virgil van Dijk mungkin jadi sosok yang paling penting karena namanya pernah bersaing di papan atas Ballon d’Or. Selain itu, ada pula bek tenga potensial Matthijs de Ligt.

Lebih dari Sekadar Pelengkap

Hasselbaink yakin partisipasi Oranje di tahun ini lebih dari sekadar pelengkap. Skuad yang serba baru itu menurutnya dapat memberikan kekuatan baru pula bagi Oranje.

“Saya pikir mereka punya pemain-pemain bertalenta,” katanya kepada Independent.

“Saya pikir mereka akan melaju jauh. Mereka adalah kuda hitam, tetapi saya pikir mereka bisa memenanginya,” lanjutnya.

Kurang Penyerang

Satu posisi yang dilihat Hasselbaink sebagai kekurangan di skuad Belanda saat ini adalah penyerang murni. Namun dirinya kembali mengingat Prancis yang juara di 2018 bermain tanpa penyerang haus gol.

“Satu-satunya hal yang hilang di skuad adalah penyerang murni. Tapi Piala Dunia pernah dimenangkan tanpa seorang penyerang murni.” kata dia.

“Prancis pernah bermain dengan seorang penyerang yang tidak mencetak gol,” ujarnya.

Kekuatan Belanda di Pertahanan

Hasselbaink yakin, Oranje kini hanya perlu memastikan lini belakang mereka sesolid batu. Sebab menurutnya, pertahanan yang solid lebih menjamin untuk bisa menjadi juara.

“Justru, Piala Dunia tidak pernah dimenangkan oleh pertahanan yang buruk. Belanda saat ini punya pertahanan yang solid, ada banyak pemain belakang bagus,” ujarnya.

“Dari segi pertahanan, saya sangat berharap banyak dari Belanda. Dengan kebijakan taktikal yang seringnya tepat, saya juga berharap Piala Dunia ini berjalan bagus untuk Belanda,” ucap dia mengakhiri.

Sumber: Independent

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*