Dilema Tata Martino: Kebangsaan Argentina, Kini Latih Meksiko

Bek tengah Meksiko, Hector Moreno di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Martin Meissner

Tusbolin.com – Gerardo “Tata” Martino mungkin mengalami situasi aneh yang tidak menyenangkan sebagai pelatih. Dia bisa dianggap sebagai pengkhianat bangsa di Piala Dunia 2022.

Tata Martino saat ini bekerja sebagai pelatih Meksiko dan dia dipercaya mengawal tim di Piala Dunia 2022. Meksiko tergabung bersama Polandia, Arab Saudi, dan Argentina di Grup C.

Persaingan di Grup C saat ini cukup menarik. Di matchday 1 lalu, Arab Saudi secara mengejutkan bisa mengalahkan Argentina, sementara Meksiko dan Polandia bermain imbang dan berbagi poin.

Selanjutnya, di matchday 2 nanti, giliran Meksiko yang akan menghadapi Argentina. Jika Meksiko bisa menang, ada kemungkinan besar Argentina akan dipulangkan lebih awal dari Qatar.

Dilema Tata Martino

Masalahnya, Tata Martino adalah seorang berkebangsaan Argentina dan pernah melatih Timnas Argentina (2014 – 2016). Laga ini bakal menarik bagi Tata Martino pribadi.

Profesionalisme menuntut Tata Martino untuk bekerja maksimal dan memberikan yang terbaik dalam upaya membawa Meksiko menang. Dia jelas bakal berupaya melakukan itu, tapi di saat yang sama, Martino mungkin bakal membuat seisi Argentina patah hati.

“Apa yang akan Anda lakukan jika berada di posisi saya? Saya tahu di mana saya dilahirkan, saya bisa memberi tahu tahun saya lahir, rumah sakit saya lahir, termasuk kode pos areanya,” ujar Martino.

“Namun, saya harus melakukan segalanya untuk membawa Meksiko menang.”

Menghentikan Messi

Meksiko bisa belajar dari kemenangan Arab Saudi atas Argentina di matchday 1 lalu. Hasil tersebut menunjukkan bahwa skuad Argentina punya kelemahan. Arab Saudi terbukti bisa membatasi ancaman Lionel Messi.

Biar begitu, Tata Martino sepertinya menegaskan bahwa menghentikan Messi bukanlah target utama timnya. Terlebih, Messi lebih sering kesulitan karena memang sedang buruk, bukan karena tim lawan.

“[Messi] pemain sepak bola terbaik di dunia dalam 15 tahun terakhir, minimal,” lanjut Martino.

“Menghentikan dia biasanya terjadi karena dia menjalani pertandingan buruk, bukan karena apa yang bisa kami lakukan,” tutupnya.

Jadwal Argentina vs Meksiko

Pertandingan: Matchday 2 Grup C Piala Dunia 2022
Venue: Lusail Stadium
Waktu: Minggu, 27 November 2022
Kick-off: 02.00 WIB

Sumber: FIFA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*