Dapat Satu Poin Lawan Ekuador, Apakah Belanda Bisa Juara?

Duel antara gelandang Belanda, Frenkie de Jong menghadapi gelandang Ekuador, Moises Caicedo pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Darko Vojinovic

Tusbolin.com – Timnas Belanda mendapatkan hasil kurang optimal dengan bermain imbang lawan Ekuador pada Jumat (25/11/2022) malam. Meskipun tak kalah, banyak yang menilai permainan Belanda kurang ngotot di Piala Dunia 2022.

Di laga tersebut, Oranje memang menguasai jalannya laga dengan penguasaan bola sebesar 54 persen. Namun dalam hal serangan, Ekuador unggul jauh dengan catatan 15 tembakan berbanding dua yang diciptakan Belanda.

Kurang impresifnya permainan Belanda di Piala Dunia 2022 sangat disadari oleh sang pelatih Louis van Gaal. Menurutnya, Oranje harus berkembang lebih jauh lagi secara permainan jika ingin menjuarai Piala Dunia 2022.

“Jika anda ingin menjadi juara dunia maka tentu saja anda harus banyak berkembang karena beberapa lawan yang belum kami hadapi (tim unggulan) bermain di level yang jauh lebih tinggi,” tegas van Gaal dikutip dari BBC.

Belanda Fokus Mengendalikan Permainan

Laga melawan Ekuador memperlihatkan masih banyak kelemahan yang dimiliki timnas Belanda. Salah satu yang mencolok adalah tentang bagaimana cara menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Selain itu, Oranje yang berusaha memainkan permainan dengan penguasaan bola, nyatanya masih sering kehilangan fokus. Mereka sering kehilangan ritme bermain dan akhirnya momentum mengendalikan permainan direbut tim lawan.

Dengan permainan yang belum matang sepenuhnya, Louis van Gaal tidak optimistis untuk meraih gelar juara dunia. Menurutnya, jika Belanda ingin juara maka mereka harus memperbaiki cara bermain terutama dalam penguasaan bola dan penciptaan peluang.

“Kami hanya perlu meningkatkan permainan kami dalam hal penguasaan bola dan kami sedang mengusahakannya. Apakah kami akan berhasil di turnamen ini (juara Piala Dunia), saya tidak dapat menjamin itu. Tapi saya pikir begitu,” ujar van Gaal.

Sumber: BBC dan Sofascore

Penulis: Anonim

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*