Ronaldo Cetak 1 Gol ke Gawang Ghana, Addo: Itu Tidak Penalti!

Selebrasi pemain Portugal, Cristiano Ronaldo dan Joao Felix usai mencetak gol ke gawang Ghana pada laga pertama Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Manu Fernandez

Tusbolin.com – Timnas Ghana harus menerima kekalahan dramatis dari Portugal di Piala Dunia 2022 pada Kamis (24/11/2022) malam. Namun pelatih Ghana, Otto Addo menyayangkan kepemimpinan wasit dalam laga tersebut termasuk keputusan penalti Cristiano Ronaldo.

Otto Addo sangat marah dengan keputusan keliru wasit Ismail Elfath untuk penalti Ronaldo. Menurutnya Mohammed Salisu mendapatkan bola secara bersih terhadap Ronaldo di kotak penalti.

Keputusan tersebut tentu sangat merugikan Ghana terlebih penalti itu menjadi gol pembuka Portugal di laga tersebut. Ronaldo yang menjadi eksekutor juga berhasil menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia dengan penalti kontroversial itu.

“Saya pikir Anda harus bertanya kepada wasit. Saya tidak punya bukti tentang itu (bukan pelanggaran), tapi Kami sedang memainkan bola, lalu ada kontak,” ucap Otto dikutip dari Fotmob.

Harusnya Pelanggaran Bagi Ghana

Addo sangat mengecam keputusan wasit Ismail Elfath terhadap pelanggaran yang berbuah penalti bagi Portugal. Otto bahkan mencoba berbicara dengan wasit ketika laga sudah berakhir sebagai bentuk kekecewaannya.

Otto merasa bahwa wasit tidak memperhatikan tayangan ulang VAR dengan baik. “Saya tidak tahu apa yang mereka (wasit) lakukan, Saya tidak tahu apakah VAR tidak diperhatikan,” ujar Otto.

Menurut Otto, kontak yang terjadi di dalam kotak penalti Ghana bahkan seharusnya menjadi pelanggaran bagi Ghana. Menurutnya Ronaldo lah yang melakukan pelanggaran terhadap Salisu.

“Jika saya melihat momen itu, itu luar biasa. Jika Anda melihat tayangan ulang, kami memainkan bola. Itu sebenarnya pelanggaran terhadap kami,” tambah Otto.

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves (Rafael Leao 77’), Bernardo Silva (Joao Palhinha 88’), Bruno Fernandes; Otavio (William Carvalho 56’), Joao Felix (Joao Mario 88’), Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 88’).
Pelatih: Fernando Santos

Ghana (5-4-1): Lawrence Ati-Zigi; Alidu Seidu (Tariq Lamptey 66’), Daniel Amartey, Alexander Djiku (Daniel-Kofi Kyereh 90’+3), Mohammed Salisu, Abdul-Rahman Baba; Mohammed Kudus (Osman Bukari 77’), Thomas Partey, Salis Abdul Samed (Antoine Semenyo 90’+3), Andre Ayew (Jordan Ayew 77’); Inaki Williams.
Pelatih: Otto Addo

Sumber: Fotmob dan Transfermarkt

Penulis: Anonim

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*