MOTM Piala Dunia 2022 Spanyol vs Kosta Rika: Pablo Gavi

Pablo Gavi berebut bola dengan pemain lawan di laga Spanyol vs Kosta Rika, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Pavel Golovkin

Tusbolin.com Pablo Gavi layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias man of the match Spanyol vs Kosta Rika, duel matchday 1 Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022).

Bermain di Al Thumama Stadium, Spanyol tampil perkasa unguk menggilas Kosta Rika dengan skor telak 7-0. Pesta gol ini jadi bukti ketangguhan Spanyol yang layak dipertimbangkan sebagai favorit juara.

Laga berjalan tidak seimbang sejak awal. Pesta tujuh gol Spanyol kali ini datang dari enam pemain berbeda, mulai dari Dani Olmo (11′), Marco Asensio (21′), Ferran Torres (31′, 54′), Gavi (54′), Carlos Soler (90′), dan Alvaro Morata (90+2′).

Kemenangan besar ini mengantar Spanyol naik ke puncak klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan 3 poin dan goal difference +7.

Babak pertama

Pertandingan dimulai dan Spanyol langsung mencoba menguasai bola. Dominasi Spanyol membuat Kosta Kira terkurung. 10 menit pertama, serangan-serangan Spanyol membuat Kosta Rika kelimpungan.

Menit ke-11, Spanyol mencetak gol pertama. Gavi berdiri bebas di depan kotak penalti untuk mengirim umpan lambung ke area kosong. Bola berbelok dan jatuh ke jalur lari Olmo. Gol! Spanyol 1-0 Kosta Rika.

Menit ke-21, Spanyol menggandakan keunggulan mereka. Serangan cepat dari sisi kiri. Umpan silang Alba langsung disambut Asensio dengan tembakan first time. Navas terlambat bereaksi. Gol! Spanyol 2-0 Kosta Rika.

Menit ke-29, Spanyol mendapatkan hadiah penalti. Alba menerobos ke kotak penalti dan memaksa Duarte menjatuhkannya. Wasit langsung menunjuk titik putih.

Torres maju sebagai algojo dan mengirim tembakan mendatar yang mengecoh Navas. Gol! Spanyol 3-0 Kosta Rika. La Roja unggul tiga gol dengan nyaman, tim lawan tidak bisa membalas.

Dominasi Spanyol masih begitu kental hingga akhir 45 menit pertama. Tidak ada gol tambahan. Skor 3-0 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Babak kedua

Pertandingan dilanjutkan kembali, Spanyol terlihat coba menurunkan tempo untuk menjaga keunggulan. Kosta Rika bermain lebih percaya diri dan lebih berani keluar menyerang.

Menit ke-54, Spanyol kian menjauh. Pertahanan Kosta Rika kacau. Torres bebas masuk kotak penalti, membuat bek dan kiper Kosta Rika berbenturan, lalu menembak bola ke gawang kosong. Gol! Spanyol 4-0 Kosta Rika.

Pertandingan terlihat berjalan berat sebelah. Spanyol masih terlalu tangguh bagi Kosta Rika. Memasuki menit ke-70, kedua pelatih membuat sejumlah pergantian pemain.

Menit ke-74, Spanyol mencetak gol kelima. Umpan Morata dari sisi kiri mendarat sempurna untuk Gavi. Pemain termuda La Roja ini lantas melepas tembakan voli keras dari dalam kotak penalti. Gol! Spanyol 5-0 Kosta Rika.

Menit ke-90, Spanyol memaksa Kosta Rika bertekuk lutut. Gol keenam Spanyol datang dari serangan di sisi kanan. Umpan silang Williams ditepis Navas, tapi bola mendarat tepat di hadapan Soler. Gol! Spanyol 6-0 Kosta Rika.

Menit ke-90+2, Spanyol kembali melakukan selebrasi. Morata membuat kombinasi satu-dua dengan Olmo dan mengirim tembakan melengkung ke sisi kanan gawang Navas. Gol! Spanyol 7-0 Kosta Rika.

Aksi Pablo Gavi

Gavi mencetak gol kelima Spanyol di laga ini. Memanfaatkan umpan Alvaro Morata, gelandang muda Barcelona ini menaklukkan kiper lawan dengan cukup mudah.

Gol tersebut membawa nama Gavi ke buku rekor Piala Dunia. Tercatat, di usia 18 tahun dan 110 hari, Gavi adalah pencetak gol termuda di ajang Piala Dunia sejak Pele pada tahun 1958 lalu.

Gavi menorehkan 90% umpan sukses, 1 umpan kunci, dan 91 sentuhan. Dia terpilih sebagai man of the match versi voting fans di laman resmi FIFA.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*