MOTM Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada: Thibaut Courtois

Ekspresi kiper timnas Belgia, Thibau Courtois usai menyelamatkan tendangan penalti dari Kanada pada laga pertama Grup F Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Darko Bandic

Tusbolin.com – Ada dua kandidat terkuat yang layak jadi pemain terbaik di laga Belgia vs Kanada. Namun di antara keduanya, Thibaut Courtois jadi yang paling layak diberikan anugerah pemain terbaik.

Di laga tersebut, Cortouis membantu Belgia menang 1-0 atas Kanada pada laga perdana Grup F Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) dini hari WIB. Michy Batshuayi menjadi pencetak gol tunggul di menit ke-44.

Belgia bisa dibilang cukup beruntung bisa memenangkan laga tanpa kebobolan. Sebab sepanjang laga, Kanada mampu melepaskan 22 tembakan ke gawang.

Salah satunya bahkan dari titik penalti. Namun berkat Courtois, tendangan penalti Alphonso Davies berhasil diselamatkan.

Babak Pertama

Kanada tampil agresif dengan agresif terhadap bangun serangan Belgia. Dari aspek serangan pun, Kanada berusaha memainkan umpan-umpan vertikal untuk menyerang.

Dalam delapan menit pertama, Kanada sukses mengurung Belgia di pertahanannya sendiri. Tiga tembakan dari dalam kotak penalti berhasil dibuat oleh Jonathan David dkk.

Kesempatan terbaik hadir di menit ke-10. Semenit sebelumnya, VAR memastikan Yannick Carrasco melakukan handball di dalam kotak penalti. Wasit utama Janny Sikazwe memutuskan memberikan penalti kepada Kanada.

Alphonso Davies maju sebagai eksekutornya. Pemain Bayern Munchen itu mengincar sisi kanan bawah kiper Thibaut Courtois, tetapi berhasil dihentikan dengan sempurna.

Selepas itu, serangan Kanada tidak kendur. Total 14 tembakan dilepaskan dan hanya dua di antaranya yang berasal dari luar kotak penalti. Namun, tidak ada satupun serangan yang berbuah gol.

Belgia yang tertekan mengandalkan serangan balik cepat. Peluangnya minim memang. Hanya ada empat tembakan yang dibuat Belgia selama babak pertama.

Hanya saja, serangan di menit ke-44 berbuah signifikan. Dari situasi transisi, Batshuayi memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menggetarkan gawang Kanada.

Gol tersebut menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 bagi Belgia.

Babak Kedua

Intensitas tinggi yang dipasang Kanada di babak pertama menurun drastis di babak kedua. Permainan cepat di kedua sayap dan umpan-umpan vertikal jadi lebih jarang terjadi.

Di samping itu, Belgia yang memulai babak kedua dengan dua pergantian pemain membuat permainannya lebih solid, terutama di sisi sayap.

Selama 30 menit pertandingan berjalan di babak kedua, Kanada terlihat sangat kesulitan. Empat tembakan saja yang berhasil dilepaskan, tanpa ada yang begitu berbahaya.

Walaupun begitu, Kanada masih bermain dengan blok tinggi yang sama. Celah itu yang dimanfaatkan Belgia untuk terus menyerang. Ruang-ruang kosong yang terbuka dimanfaatkan trisula Belgia ditambah de Bruyne.

Peluang terbaik Kanada baru datang lagi di menit ke-80. Berawal dari umpan silang di sayap kanan, Jonathan David sendirian menyundul bola ke arah yang jauh dari jangkauan kiper. Tetapi Cortouis kembali jadi tembok yang sulit ditaklukkan.

Intensitas permainan semakin menurun dari Kanada. Di saat yang bersamaan, serangan Belgia semakin tidak terorganisasi meski berkali-kali dapat peluang dari transisi.

Belgia menutup pertandingan dengan sembilan tembakan yang bernilai 0,76 xG. Sementara itu, Kanada mampu melepaskan 22 tembakan dengan xG senilai 2,57.

Tiga Penyelamatan Thibaut Courtois

Selain penyelamatan dari titik putih, Courtois juga berhasil melakukan dua penyelamatan lainnya. Total xGOT yang dihadapinya mencapai 1,29.

Satu penyelamatan yang dibuatnya di ujung babak kedua juga bisa dibilang krusial untuk menjaga Belgia menjaga keunggulan. Sundulan Jonathan David ke sudut yang jauh dan sulit, entah bagaimana bisa digapai dengan sempurna oleh Courtois.

Penampilan gemilangnya tersebut memastikan Kanada masih belum membuka kran golnya di Piala Dunia sejak terakhir berpartisipasi pada 1986 silam.

Statistik Thibaut Courtois

Berikut statistik pilihan Thibaut Courtois yang dinukil dari Fotmob:

Menit bermain: 90
Penyelamatan: 3
Penalti terselamatkan: 1
xGOT: 1,29
Akurasi umpan: 38/48 (79%)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*