MOTM Piala Dunia 2022 Prancis vs Australia: Olivier Giroud

Selebrasi Olivier Giroud usai mencetak gol untuk Prancis di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Francisco Seco

Tusbolin.com – Olivier Giroud layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias man of the match Prancis vs Australia, duel matchday 1 Grup D Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Bermain di Al Janoub Stadium, Prancis masih terlalu perkasa untuk Australia. Sang juara bertahan menggilas Socceroos dengan skor telak 4-1.

Australia sempat melawan di awal laga dengan mencetak gol pembuka melalui Craig Goodwin di menit ke-9. Prancis jelas dikejutkan dengan gol tersebut.

Ketinggalan mendorong Prancis untuk meningkatkan tempo serangan dan balas mencetak empat gol lewat aksi Andrien Rabiot (27′), Olivier Giroud (32′, 71′), dan Kylian Mbappe (68′).

Kemenangan ini lantas mengantar Prancis ke puncak klasemen sementara Grup D Piala Dunia 2022 dengan 3 poin di laga pertama.

Babak pertama

Pertandingan dimulai dengan gebrakan Prancis. Sang juara bertahan tampak sangat percaya diri. Serangan-serangan Prancis lebih sering dialirkan melalui kedua sisi sayap.

Australia bermain menunggu, tapi justru dengan cara itu mereka bisa mencetak gol pembuka. Menit ke-9, skema serangan balik, umpan lambung ke sisi kanan disambut Leckie, dilanjutkan dengan umpan silang ke tiang jauh untuk Goodwin. Gol! Sepakan keras tak kuasa dibendung Lloris. Prancis 0-1 Australia

Gol pembuka Australia jelas mengejutkan Prancis. Mereka lebih dominan dan lebih aktif menyerang, tapi justru kebobolan terlebih dahulu. Prancis meningkatkan tempo serangan dan terus mengurung Australia.

Menit ke-27, upaya Prancis akhirnya membuahkan hasil. Umpan lambung Theo Hernandez mengecoh barisan bek Australia. Bola disambar Rabiot tanpa gangguan. Gol! Prancis 1-1 Australia.

Menit ke-32, Prancis berbalik unggul. Kali ini Rabiot yang membuat assist. Serangan dari sisi kiri, umpan tarik Rabiot dituntaskan Giroud dengan mudah. Gol! Prancis 2-1 Australia.

Tidak ada gol tambahan di sisa babak pertama. Skor 2-1 mengantar para pemain turun ke ruang ganti.

Babak kedua

Pertandingan dilanjutkan kembali dan Prancis masih menunjukkan determinasi yang sama. Gempuran Prancis langsung mengurung Australia. 10 menit pertama berlalu dengan cepat.

Hingga menit ke-60, Prancis mendominasi 70% penguasaan bola. Australia dipaksa terus mengejar bola dan menunggu kesempatan serangan balik.

Menit ke-68, Prancis mencetak gol pemungkas. Skema serangan balik, bola sempat terlempar dari kotak penalti. Dembele di sisi kanan mengirim kembali bola ke tengah untuk disambut sundulan Mbappe. Gol! Prancis 3-1 Australia.

Menit ke-71, Prancis kembali menjebol gawang Australia. Kali ini umpan silang Mbappe dari sisi kiri ditanduk Giroud ke sudut bawah gawang lawan. Gol! Prancis 4-1 Australia.

Unggul dengan skor besar tak lantas membuat Prancis gampang puas. Pasukan Didier Deschamps terus membombardir gawang Australia hingga 10 menit akhir.

Tambahan waktu 7 menit tidak cukup bagi kedua tim untuk mencetak gol tambahan. Wasit meniup peluit panjang. Skor 4-1 untuk kemenangan Prancis.

Gol-gol Olivier Giroud

Giroud mencetak dua gol impresif di laga ini. Striker senior 36 tahun itu mencetak gol kedua dan gol keempat Prancis, satu di babak pertama dan satu di babak kedua.

Tercatat, Giroud hanya membuat total 19 sentuhan bola, tapi bisa mencetak dua gol penting. Ini membuktikan betapa efektifnya pergerakan Giroud di lapangan.

Giroud membuat total 5 percobaan tembakan, 3 on traget, 2 jadi gol. Dia juga memenangi 3 duel udara dan berkontribusi dengan 1 umpan kunci.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*