Jurgen Klopp Ungkap Alasan Cabut dari Dortmund: Gara Tuchel

Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp di laga Chelsea vs Liverpool, final Piala FA 2022 (c) AP Photo

Tusbolin.com – Jurgen Klopp meninggalkan Borussia Dortmund pada 2015 lalu tidak semata-mata karena prestasi klub yang menurun. Alasan lainnya karena Dortmund saat itu ingin segera merekrut Thomas Tuchel sebagai pelatih baru.

Klopp pergi dari Dortmund di akhir bulan Juni 2015 atau di tahun ketujuhnya. Ia pergi dengan meninggalkan dua trofi Liga Jerman, satu Piala Jerman, dan dua Piala Super Jerman.

Ketika ia pergi, prestasi Dortmund tiba-tiba terpuruk. Sama seperti dengan yang sempat dialami Liverpool di awal musim 2022/2023. Maka dari itu Dortmund memecatnya.

Namun, prestasi menurun itu diakui Klopp dibuat-buat sebagai alasan paling masuk akal untuk mendepaknya. Padahal ia tahu, klub memecatnya gara-gara ingin segera meresmikan Tuchel sebagai pelatih baru.

Berjarak Singkat

Hal itu memang terbukti dengan jarak penunjukan Tuchel sebagai pelatih baru Dortmund yang terbilang singkat dari masa pemecatan Klopp.

Tuchel yang kini berusia 49 tahun itu ditunjuk jadi pelatih pada awal bulan Juli 2015. Laman Transfermarkt mencatat bahwa pengangkatannya jadi pelatih hanya berjarak sehari setelah Klopp dipecat.

Kebetulan saat itu Tuchel memang sedang tidak punya tim. Ia terakhir kali melatih tim pada Mei 2014 dan klub yang dilatihnya adalah Mainz.

Jurgen Klopp Ingin Lebih Lama

Klopp menyatakan bahwa sebenarnya ia ingin bertahan lebih lama di Bundesliga. Hal itu memungkinkan karena kontraknya masih ada di Dortmund.

Namun rencana itu gagal terlaksana. Klub ternyata punya rencana yang berbeda dengan apa yang dimiliki Klopp.

“Saya pergi lebih awal dari yang direncanakan. Dan saya masih mengingat alasan utama saya mengakhirinya lebih awal,” ungkapnya kepada WDR.

Gara-gara Tuchel

Klopp mengatakan bahwa Tuchel saat itu memang berpotensi untuk berlabuh ke klub lain. Dortmund yang kepincut dengan kemampuannya ingin segera mengambil keputusan.

“Tuchel saat itu hampir pergi ke Hamburg. Makanya Dortmund berpikir saatnya untuk membawanya ke klub. Itu yang jadi alasan saya meninggalkan Dortmund lebih awal dari yang diperkirakan,” tandas dia.

Sumber: WDR

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*