MOTM Piala Dunia 2022 Qatar vs Ekuador: Enner Valencia

Selebrasi Enner Valencia usai mencetak gol di laga Qatar vs Ekuador, pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Tusbolin.com Enner Valencia layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias man of the match Qatar vs Ekuador, laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/2022) malam WIB.

Bermain di Al Bayt Stadium, kali ini tuan rumah Qatar harus mengaku kalah dengan skor 0-2. Permainan Qatar tidak maksimal sejak menit awal, diduga karena tekanan yang terlalu besar.

Di sisi lain, Ekuador tampil cukup percaya diri sejak menit awal. Kedua gol Ekuador kali ini diborong oleh Enner Valencia di menit ke-16 dan ke-31.

Kemenangan ini menuntun Ekuador naik ke puncak klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 dengan torehan 3 poin.

Babak pertama

Pertandingan dimulai dengan gebrakan Ekuador. Menit ke-3, Enner Valencia mengejutkan fans tuan rumah. Dia mencetak gol sundulan yang memanfaatkan kelengahan bek Qatar.

Ekuador sempat melakukan selebrasi, tapi kemudian gol tersebut dianulir. Melihat tayangan ulang, salah satu pemain Ekuador, Michael Estrada terlihat berada di posisi offside ketika bola pertama kali dilambungkan ke kotak penalti.

Qatar tampak grogi dan tidak bisa tampil sebaik seharusnya. Ada terlalu banyak salah umpan. Pergerakan pemain juga tampak kikuk.

Valencia akhirnya benar-benar mencatatkan namanya di papan skor dengan gol penalti di menit ke-16. Eksekusi tenang ke sudut kanan bawah, kiper Qatar melompat ke arah yang salah.

Menit ke-31, Valencia mencetak gol kedua yang sekaligus menghantam Qatar. Tuan rumah sebenarnya sudah mulai menemukan ritme, tapi tampak belum maksimal.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir babak pertama. Skor 0-2 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Babak kedua

Pertandingan dilanjutkan kembali, Qatar tampak lebih tenang di babak kedua. 15 menit pertama berlangsung cepat. Qatar belum mengancam gawang lawan, tapi setidaknya mulai bermain lebih baik.

Ekuador tampak sedikit mengubah pendekatan permainan mereka di babak kedua. Tim tamu mencoba menguasai bola lebih lama untuk mempertahankan keunggulan. Menit ke-65, skor masih 0-2.

Kedua pelatih lantas membuat pergantian di pertengahan babak kedua. Enner Valencia yang mencetak dua gol Ekuador harus ditarik keluar, kemungkinan untuk mencegah cedera.

Memasuki 10 menit akhir, Qatar terus mencoba memecah pertahanan lawan. Ekuador menunggu kesempatan serangan balik dan sesekali mendapatkan peluang berbahaya.

Qatar terus mencoba, tapi pertahanan Ekuador bermain disiplin. Tambahan waktu 5 menit tidak cukup untuk mencetak gol tambahan. Skor 2-0 untuk kemenangan Ekuador.

Aksi Enner Valencia

Valencia tampil impresif sebagai salah satu striker Ekuador di laga ini. Sebagai kapten tim, dia menunjukkan pengalaman dan ketangguhan mental di lapangan.

Valencia sebenarnya sempat mencetak gol cepat di menit ke-3, tapi dianulir VAR lantaran offside rekannya. Setelahnya, gol kedua dan ketiga Valencia cukup jadi bukti kualitasnya.

Striker 33 tahun ini menorehkan total 2 tembakan, 2 dribel sukses, dan 38 sentuhan. Kedua golnya terbukti jadi sumbangsih terbesar untuk kemenangan tim.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*