Inggris vs Iran: Gareth Southgate Pakai Formasi 3 Bek atau 4 Bek?

Gareth Southgate bersama skuad Inggris di ajang UEFA Nations League 2022 (c) AP Photo

Tusbolin.com – Inggris akan memulai perjalanan di Piala Dunia 2022 dengan meladeni Iran dalam duel pembuka Grup B, Senin (21/11/2022). Pertandingan ini krusial untuk pasukan Gareth Southgate.

Secara membuktikan bahwa pertandingan pertama di Piala Dunia selalu jadi salah satu laga terpenting. Tim yang meraih kemenangan akan mendapatkan lonjakan percaya diri dan lebih siap menghadapi laga-laga berikutnya.

Di atas kertas, Inggris seharusnya lebih unggul atas Iran. Terlebih, skuad Southgate sekarang dipenuhi oleh banyak pemain bintang mulai dari lini belakang hingga lini depan.

Menariknya, jika berkaca pada beberapa laga uji coba terakhir, Southgate cukup aktif mengutak-atik formasi timnya. The Three Lions terkadang bermain dengan formasi tiga bek, tapi bisa juga bermain dengan formasi empat bek.

Lantas, lawan Iran, kira-kira formasi apa yang akan dipilih oleh Southgate?

Tiga bek atau empat bek?

Laga kontra Iran seharusnya berada di genggaman Inggris. Namun, tentu Southgate dan skuadnya harus benar-benar tampil maksimal demi membidik kemenangan.

Soal pilihan formasi tiga bek atau empat bek, kekuatan Inggris coba dianalisis oleh Alan Smith. Menurutnya, Southgate akan memilih susunan pemain terbaiknya untuk laga perdana.

“Menurut saya, dia [Southgate] akan memainkan empat bek. Saya merasa dia ingin memasangkan Stones dan Maguire lagi, sebab pasangan ini sudah sangat mengenal permainan satu sama lain,” kata Smith di Sky Sports.

“Maguire, seperti yang kita tahu, sudah lama tidak bermain untuk Manchester United. Jadi, semoga dia bisa menyesuaikan tempo. Pengalamannya sangat membantu, dia pernah bermain di Piala Dunia dan di Euro.”

Inggris Bisa juga main tiga bek

Di sisi lain, Smith juga mempertimbangkan opsi tiga bek untuk Inggris. Menurutnya opsi tersebut masih terbuka, tapi dengan risiko yang mungkin lebih besar.

“Cara lainnya mungkin dengan memainkan Ben White di sisi kanan dalam formasi tiga bek, khususnya jika Kyle Walker belum bisa bermain,” sambung Smith.

“Masalahnya, Ben kurang berpengalaman, dan ini bisa jadi keputusan besar. Saya rasa Southgate akan lebih memilih memainkan Trippier sebagai bek kanan, Shaw sebagai bek kiri, lalu Stones dan Maguire di tengah.”

“Situasi bisa berubah jika Kyle Walker bisa bermain,” tutupnya.

Sumber: Sky Sports

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*