Gol Pertama Ekuador Kok Offside dan Dianulir, Kenapa?

Selebrasi gol penyerang Ekuador, Enner Valencia usai menjebol gawang Qatar di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Tusbolin.com – Ekuador sementara unggul 2-0 atas Qatar di laga pembuka Piala Dunia 2022, matchday 1 Grup A, Minggu (20/11/2022). Saat artikel ini ditulis, pertandingan baru memasuki jeda paruh waktu.

Dua gol Ekuador sementara ini diborong oleh Enner Valencia di menit ke-16 dan ke-31. Penyerang senior La Tri ini benar-benar jadi pembeda, pergerakannya sulit dikawal lawan.

Melihat jalannya pertandingan, Qatar tampak grogi dan sulit mengimbangi permainan Ekuador. Untungnya skor 0-2 masih bisa dikejar di babak kedua.

La Tri Julukan Ekuador dan juga mungkin seharusnya unggul dengan skor lebih besar andai gol pertama Enner Valencia di awal laga tidak dianulir. Lantas, sudah benarkah keputusan wasit?

Gol Ekuador Kok offside?

Enner Valencia memang sudah mencetak dua gol di laga ini, tapi jumlah tersebut mungkin bisa lebih banyak. Striker senior Ekuador tersebut sempat mencetak gol sundulan ketika laga baru berjalan tiga menit.

Ekuador sempat melakukan selebrasi, bahkan bola sudah mampir ke titik tengah lapangan. Namun, VAR mengintervensi dan memutuskan bahwa gol dianulir karena offside.

Berdasarkan keputusan VAR, gol tersebut dianggap dianulir karena offside, tapi bukan untuk pergerakan Valencia sebagai pencetak gol atau Felix Torres sebagai pembuat assist.

Melihat tayangan ulang, salah satu pemain Ekuador, Michael Estrada terlihat berada di posisi offside ketika bola pertama kali dilambungkan ke kotak penalti.

Sudah sesuai aturan

Menurut Rules of the Game FIFA, seorang pemain disebut offside jika berada di antara kiper dan pemain outfield terakhir saat bola umpan dilepas. Pemain juga terhitung offside jika berada di belakang kiper saat bola umpan dilepas.

Selain itu, ada pula aturan yang menjelaskan bahwa harus ada minimal dua pemain lawan di belakang kiper jika kiper bukanlah pemain terakhir dalam perebutan bola.

Tayangan ulang menunjukkan bahwa posisi satu kaki Estrada berada di belakang kiper Qatar saat bola disundul rekannya. Memang offside tipis, tapi keputusan ini sudah benar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*