Panenka Menit Akhir Cavallini Antarkan Kanada Kalahkan Jepang

Selebrasi Timnas Kanada usai membobol gawang Jepang di partai Uji Coba, Kamis (17/11/2022) (c) AP Photo

Tusbolin.com – Timnas Kanada meraih hasil positif di laga uji coba jelang Piala Dunia 2022. Berhadapan dengan Jepang pada hari Kamis (17/11/2022) malam, Les Rouges menang dengan skor tipis 2-1.

Timnas Jepang sebenarnya unggul lebih dahulu berkat gol Yuki Soma sebelum Kanada menyamakan kedudukan berkat gol Steven Vitoria. Kemenangan Kanada berhasil dikunci di masa injury time berkat penalti panenka dari Lucas Cavallini.

Babak Pertama

Bertanding di Al-Maktoum Stadium, Uni Emirat Arab, Jepang bermain dengan determinasi tinggi. Anak asuh Hajime Moriyasu itu tampil menekan sejak awal laga.

Benar saja, laga baru berjalan sembilan Menit, Jepang berhasil membuka keunggulan. Mendapatkan umpan panjang dari tengah lapangan, Yuki Soma berhasil lolos dari jebakan offside dan meneruskan bola ke gawang Kanada. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan The Samurai Blues.

Tertinggal 1-0 Kanada langsung memberikan respon cepat. Anak asuh John Herdman itu langsung meningkatkan intensitas serangan mereka.

Upaya Kanada it berbuah manis. Di menit ke-21, mereka berhasil menyamakan kedudukan setelah Steven Vitoria sukses mengonversi sepak pojok Kanada menjadi gol dengan sontekannya. Skor berubah menjadi 1-1.

Gol ini membuat jalannya pertandingan semakin menarik. Namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 1-1 tetap bertahan.

Simak jalannya pertandingan di babak kedua di bawah ini.

Babak Kedua

Di jeda pertandingan, kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Di kubu Kanada, Samuel Piette ditarik keluar dan digantikan Ismael Kone. Sementara Jepang menarik tiga pemain yaitu Hiroki Sakai, Takefusa Kubo, dan Takumi Asano untuk digantikan dengan Miki Yamane, Ritsu Doan, dan Ayasa Ueda.

Situasi di babak kedua tidak banyak berubah dari babak pertama. Kanada sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola dan mereka melepaskan banyak tembakan namun hanya sedikit yang tepat sasaran.

Jepang yang kesulitan mengembangkan permainan juga membuat beberapa peluang. Namun sayangnya tidak ada yang tepat sasaran.

Di akhir babak kedua, Jepang nyaris mencetak gol melalui sontekan Miki Yamane, namun sangat disayangkan tembakannya mengenai tiang gawang.

Beberapa menit berselang petaka datang bagi Jepang setelah Miki Yamane melanggar Richie Laryea di kotak penalti. Lucas Cavallini menjadi algojo melakukan tendangan panenka yang sebenarnya bisa ditepis Gonda, namun sayang tepisan Gonda tidak cukup kuat sehingga bola masih melesak ke gawang Jepang. Skor 2-1 menutup laga ini.

Setelah laga ini, Jepang akan memainkan pertandingan pertama di grup E Piala Dunia 2022 melawan Jerman pada hari Rabu (23/11/2022) mendatang. Sementara Kanada akan berhadapan dengan Belgia di grup F pada hari Kamis (24/11/2022) dini hari nanti.

Susunan Pemain Kanada vs Jepang

Jepang (4-2-3-1): Gonda; Ito, Taniguchi, Itakura, Sakai; Shibasaki, Tanaka; Kubo, Minamino, Soma; Asano

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kanada (4-4-2): Borjan; Adekugbe, Miller, Vitoria, Johnston; Hoilett, Piette, Hutchinson, Buchanan; Larin, David

Pelatih: John Herdman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*