Jesus & Saliba Penjaga Jantung Arsenal Bersaing di Jalur Juara

Selebrasi Gabriel Jesus usai mencetak gol pada laga Arsenal vs Tottenham di pekan ke-9 Premier League 2022/2023 (c) AP Photo

Tusbolin.com – Arsenal kini sedang berada di jalur perebutan gelar juara Liga Inggris 2022/2023. Namun, Rio Ferdinand merasa Arsenal akan langsung keluar dari jalur tersebut apabila kehilangan dua pemain penting yang senantiasa menjaga degup jantung Arsenal.

Arsenal sekarang sedang memuncaki klasemen sementara dengan torehan 34 poin. The Gunners unggul dua poin dari Manchester City yang jadi pesaing terdekat dalam beberapa pekan terakhir.

The Gunners memang begitu perkasa, setidaknya di awal musim ini. Dari 13 laga, Arsenal baru kalah sekali dan imbang sekali. Arsenal bahkan bisa melumat Tottenham (3-1), Liverpool (3-2), dan Chelsea (1-0).

Kesuksesan itu diperoleh karena penampilan impresif yang ditunjukkan bek tengah William Saliba dan penyerang tengah Gabriel Jesus. Ferdinand memprediksi The Gunners akan kesulitan apabila keduanya atau salah satunya tak main.

Bukan Partey

Banyak pihak menyebutkan bahwa Thomas Partey merupakan sosok penting di The Gunners. Ferdinand tidak sepakat. Partey dianggapnya memang sosok penting, tetapi masih ada pemain yang bisa menggantikan tempatnya.

“Saya tidak setuju [Partey yang paling penting]. Mereka masih bisa memainkan Xhaka di posisinya Partey dan melewati beberapa laga tanpa masalah,” ucap dia di kanal Youtube Vibe With Five.

“Pemain paling penting di Arsenal saat ini adalah [Gabriel] Jesus atau [Wiliam] Saliba. Jika keduanya tidak bisa bermain, maka kualitas tim akan sangat jatuh,” kata dia lagi.

Tidak Ada Pengganti Saliba Di Arsenal

Peran penting Saliba dan Jesus di Arsenal dianggap tidak ada yang bisa menggantikan. Bukan berarti Arsenal tidak ada pemain pelapis di posisi tersebut, namun Ferdinand mengakui kualitasnya sangat berbeda.

“Mereka tidak akan bisa mendapatkan hasil yang sama, jika Jesus atau Saliba keluar. Soalnya mereka hanya punya Nketiah dan Holding untuk menggantikan,” ucapnya.

Hal ini yang jadi alasan Saliba menjadi pemain Arsenal dengan menit bermain terbanyak dengan total 1546 menit. Ia tidak tergantikan.

“Saliba luar biasa, dia bermain sangat, sangat bagus. Dia begitu menonjol,” kata eks Manchester United.

Bisa Lebih Baik

Jesus sendiri menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak keenam di skuat The Gunners dengan 1345 menit. Meski begitu, Jesus adalah pencetak gol terbanyak tim dengan torehan lima gol, sama dengan Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli.

Ferdinand menilai Jesus bisa lebih baik daripada yang dia capai sekarang. Dalam beberapa laga, Jesus terlihat kesulitan untuk menuntaskan peluang-peluang yang ia dapatkan.

“Jesus telah melakukan segalanya untuk mencetak gol. Saya rasa dia hanya perlu menyesuaikan permainannya supaya bisa menjadi sumber ancaman di kotak penalti lawan,” pungkasnya.

Sumber: Vibe With Five

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*